APA ITU
PEMBELAJARAN ?
BELAJAR
adalah
perubahan perilaku yang relatif permanen yang dibentuk melalui pengalaman. Tidak semua
perubahan perilaku merupakan proses belajar. Perubahan perilaku karena OBAT,
kelelahan, maturasi dan luka bukan belajar.
PENDEKATAN
UNTUK PEMBELAJARAN
1. Behavioral
Yaitu pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus
dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses mental. Menurut
kaum Behavioris, perilaku adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan bisa
dilihat secara langsung; contoh, anak membuat poster. Proses mental
didefinisikan sebagai pikiran, perasaan dan motif yang kita alami namun tidak
bisa dilihat oleh orang lain. Pembelajaran asosiatif yaitu pembelajaran
bahwa dua kejadian saling terkait.
2. Kognitif
Terdapat empat pendekatan kognitif utama untuk pembelajaran :
·
Pendekatan kognitif sosial , menekankan bagaimana faktor
lingkungan, perilaku saling berinteraksi mempengaruhi pembelajaran.
·
Pemrosesan informasi, menekankan bagaimana anak
memproses informasi melalui ingatan, pemikiran, dan proses kognitif
·
Kontruktivis kognitif, menekankan pada pengetahuan
dan pemahaman
·
Kontruktivis sosial, fokus pada menghasilkan
pengetahuan dan pemahaman.
PENDEKATAN
BEHAVIORAL UNTUK PEMBELAJARAN
Pengondisian
Klasik : belajar asosiasi
Ø Tokoh :
Ivan Pavlov
Ø Elemen kunci
: asosiasi 2 stimulus
Ø 2 hal
penting berkaitan dengan pembentukan asosiasi : (1) frekuensi dan (2) Timing
Ø Definisi
: Pengondisian Klasik yaitu suatu bentuk belajar dimana stimulus netral (CS)
dipasangkan dengan UCS untuk menghasilkan CR yang identik dengan UCR.
Terdapat
dua tipe stimuli dan dua tipe respon :
Ø Unconditioned
Stimulus (UCS)
adalah stimulus alamiah yang mendatangkan respon tanpa pengondisian/belajar.
Ø Conditioned
Stimulus (CS) adalah stimulus yang dapat mendatangkan respon setelah dipasangkan dengan
UCS
Ø Unconditioned
Response (UCR) adalah respon alamiah terhadap stimulus alamiah.
Ø Conditioned
Response (CR) adalah respon yang identik dengan UCR yang dihasilkan dari CS
Belajar
pengondisian klasik berperan dalam memahami issue phobia yaitu takut. Hasil belajar
klasikal kondisioning dapat dihilangkan dengan teknik Counterconditioning, yaitu
suatu prosedur yang digunakan untuk melemahkan suatu perilaku terhadap stimulus
dengan memunculkan stimulus lain yang memiliki respon yang berbeda.
Pengondisian
operan : belajar konsekuensi
Pengondisian
operan adalah
belajar dimana konsekuensi dari perilaku mengarahkan perubahan pada
probabilitas terjadinya perilaku.
Hukum
efek Thorndike menyatakan bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan
diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil negatif akan diperlemah.
Terdapat
3 macam konsekuensi yang mempengaruhi perilaku :
· Penguatan positif yaitu penguatan yang
berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan
stimulus yang mendukung (rewarding). Terdapat 2 hal penting yang harus
diperhatikan dalam pemberian penguatan positif, yaitu : (1) Timing dan (2)
Konsistensi pemberian penguatan
Schedules
of positive reinforcement :
·
Fixed ratio : Jumlahnya tetap
·
Variable ratio : Jumlahnya tidak pasti
·
Fixed interval : Waktu pemberiannya jelas
·
Variable interval : Waktu pemberiannya tidak
jelas
Ketika
respon yang diharapkan tidak kunjung muncul maka perlu untuk melakukan Shaping,
yaitu strategi pemberian penguatan positif pada perilaku-perilaku yang mendekati
perilaku yang diinginkan. Selain itu bisa menggunakan Prompt, yaitu stimulus
tambahan atau isyarat tambahan yang diberikan sebelum suatu respon dan
meningkatkan kemungkinan respon itu akan terjadi.
·
Penguatan negatif yaitu penguat yang berasal
dari pemindahan atau penghindaran suatu kejadian negatif sebagai konsekuensi
dari perilaku.
· Hukuman yaitu konsekuensi yang menurunkan
probabilitas terjadinya suatu perilaku
Stimulus
diskriminasi dan generalisasi :
Stimulus
diskriminasi adalah
kecendrungan untuk merespon lebih sering terhadap satu stimulus terhadap
stimulus lainnya.
Stimulus
generalisasi
adalah kecendrungan bagi stimulus yang mirip untuk menghasilkan respon yang
sama.
PENDEKATAN
KOGNITIF SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN
1.
Teori kognitif sosial Bandura menyatakan bahwa faktor
sosial dan kognitif, dan juga faktor perilaku mempengaruhi peran penting dalam
pembelajaran.
2. Pembelajaran
Observasional (modelling), adalah pembelajaran yang dilakukan ketika seseorang mengamati
dan meniru perilaku orang lain. Model pembelajaran Observasional Kontemporer
Bandura memfokuskan pada proses spesifik yang terlibat dalam pembelajaran observasional.
Proses tersebut meliputi :
·
Atensi
·
Retensi
·
Produksi
·
Motivasi
PENDEKATAN
PERILAKU KOGNITIF DAN REGULASI DIRI
1.
Pendekatan perilaku kognitif yaitu mengubah perilaku
dengan menyuruh orang untuk memonitor, mengelola, dan mengatur perilaku mereka
sendiri, bukan dipengaruhi melalui faktor eksternal.
2.
Metode intruksi-diri yaitu teknik perilaku yang
ditujukan untuk mengajari individu memodifikasi perilaku mereka sendiri
3.
Pembelajaran regulasi diri yaitu memunculkan dan
memonitor sendiri pikiran, perasaan dan perilaku untuk mecapai suatu tujuan.
0 komentar:
Posting Komentar